-->
Doa Pagi dan Petang (dibaca 3 kali)
اللهم عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ اللهم عَافِنِيْ فِيْ سِمْعِيْ اللهم عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ لَااِلهَ الِاَّ اَنْتَ
"Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada badanku; Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada pendengaranku; Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada penglihatanku, tiada Ilaah yang layak untuk diibadahi kecuali Engkau".
(Hadits Hasan Riwayat Abu Daud: 4/324 dan Ahmad: 5/42)

Kamis, April 11, 2013

Mengatasi Crawl Errors pada Webmastertools ( URL 404 )


Rekan-rekan yang budiman..., sebelumnya Admin pernah membuat posting tentang Update Sitemap Blogger pada Google Webmastertools. Nah pada kesempatan ini Admin bermaksud berbagi pengalaman pribadi, yaitu tentang menyelesaikan problematika Crawl Errors (URL 404) pada google webmastertools.

Oh ya...kasus ini Admin maksudkan khusus untuk para Blogger pada domain Blogspot.com saja. Entah kalo yang lain...tapi pada prinsipnya sama...membuat kembali link URL 404 - kemudian dihapus.

Kalau pake metode REMOVE URLS tidak bisa hilang 100% bro...karena kapan-kapan akan muncul lagi laporan Crawl Errors untuk url-url tersebut.

Langsung saja neh...tanpa basa-basi Admin kasih jurusnya, INSYA ALLAH manjur !!!

:::Jurus Crawl Errors Problem Solving
  • Pilih website/blog Anda yang akan diberesi problem Crawl Errorsnya.
  • Pada Dashboard pilih menu Health dan klik sub menu Crawl Errors, maka Anda akan melihat Laporan Google Webmastertools tentang URL ERRORS (url 404), sebagaimana pada gambar berikut :
wmt-01
Gbr. 01
  •  Pilih salah satu URL ERRORS (url 404) yang akan Anda beresi, misalnya URL pada No. urut 1: 2012/12/httpcca.html, lalu klik url tersebut, dan Anda akan melihat jendela pop up sebgai berikut :
wmt-02
Gbr. 02
  • Klik kanan url tersebut (url 404) dan pilih Copy Link Location.
  • Selanjutnya Anda masuk ke Blogger dan pilih Blog terkait.
  • Buat Entry/Postingan Baru, pada halaman posting paste/tempel-kan url yang sebelumnya Anda copy/salin (ini hanya utk memudahkan pembuatan link postingan saja), ..........lalu copy paste-kan judul postingan dari url 404 ke Entri Judul, kemudian klik menu Jadwal posting di sebelah kanan monitor Anda dan atur BLN, dan THN (kalo arsip posting Anda pada setelan Blog disetting perbulan, maka pilih tanggal sesuka Anda) posting sehingga sama dengan BLN, dan THN pada url 404, lalu klik menu Simpan dan periksa url postingan dengan mengklik menu Link, perhatikan dengan seksama, jangan sampai url tersebut berbeda dengan url 404. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini !
wmt-03
Gbr.03
  • Setelah benar-benar Anda yakin url postingan sama dengan url 404 klik menu Publikasikan.
  • Lalu kembali ke Jendela Webmastertools, coba klik url 404 tersebut, bila langkah Anda benar maka postingan Anda akan mengarah pada postingan yang baru Anda buat pada langkah sebelumnya. Bila tidak demikian, dan Blogspot melaporkan url yang Anda tuju tidak Ada/telah dihapus, maka ulangi langkah Anda dalam membuat Entry Baru tersebut di atas, INGAT URL POSTINGAN HARUS SAMA DENGAN URL 404 !
  • Bila langkah membuat Entry Baru telah benar, klik menu Mark as Fixed (lihat Gbr.02), maka Anda akan kembali ke jendela Webmastertools sebagaimana pada Gbr. 01, dan lihat url 404 tadi sekarang telah hilang.
  • Lalu kembali ke menu Dashbord Blogger Anda, klik menu pos dan cari postingan yang baru Anda buat, untuk mempercepat pencarian ingat-ingat dan cari melalui urutan BLN dan THN postingannya, lalu hapus postingan tersebut.
wmt-04
Gbr. 04
  • SELESAI !
SELAMAT !
Anda telah menyelesaikan problematika Crawl Errors
untuk Blog Kesayangan Anda pada Google Webmastertools.

Areefah
Areefah Haurgeulis Updated at:

Sejauh ini baru ada 4 comments . Bagaimana menurut Anda?

Unknown mengatakan...

mantap gan.. tapi untuk pengguna WP gmana gan..?

http://www.klikiri.com/2013/04/situs-penyedia-cheat-point-blank

Ibn Asnawi mengatakan...

Dedy@ prosedurnya pastinya...sama tinggal dibuat URL 404 trus didelete, ingat mendeletenya setelah melakukan Mark as Fixed pada Webmastertools

14 tips blog muncul di google mengatakan...

tujuannya apa gan kok sampai buat posting baru dengan url itu, kalau sulit saya menggunakan redirect saja, terima kasih atas kunjungan dan berbagi ilmunya

Ibn Asnawi mengatakan...

tujuannya ya tentu membersihkan laporan Crawl Errors pada Google Webmastertools, sehingga kinerja blog menjadi lebih optimal tentunya gan !

 
back to top