-->
Doa Pagi dan Petang (dibaca 3 kali)
اللهم عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ اللهم عَافِنِيْ فِيْ سِمْعِيْ اللهم عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ لَااِلهَ الِاَّ اَنْتَ
"Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada badanku; Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada pendengaranku; Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada penglihatanku, tiada Ilaah yang layak untuk diibadahi kecuali Engkau".
(Hadits Hasan Riwayat Abu Daud: 4/324 dan Ahmad: 5/42)

Sabtu, Agustus 18, 2012

Pengintegrasian Pendidikan Karakter

A. DEFINISI KARAKTER DAN PENDIDIKAN KARAKTER (PK)
  • Karakter adalah nilai-nilai yang melandasi perilaku manusia berdasarkan norma agama, kebudayaan, hukum/konstitusi, adat istiadat, dan estetika.
  • Pendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga peserta didik berperilaku sebagai insan kamil (manusia yang sempurna).
  • Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai perilaku (karakter) kepada warga sekolah yang meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi insan kamil.
B. PENGINTEGRASIAN PK DALAM KEGIATAN KOKURIKULER
 pendidikan+karakter+kokurikuler

C. PENGINTEGRASIAN PK DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
pendidikan+karakter+eskul

D. INDIKATOR KEBERHASILAN PENDIDIKAN KARAKTER 

Pelaksanaan pendidikan karakter dikatakan berhasil apabila indikator-indikator berikut tercermin pada diri peserta didik, yatu:
  • Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja;
  • Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri; 
  • Menunjukkan sikap percaya diri;
  • Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas;
  • Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional;
  • Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif;
  • Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif;
  • Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya;
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari;
  • Mendeskripsikan gejala alam dan sosial;
  • Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab;
  • Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab;
  • Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Menghargai karya seni dan budaya nasional;
  • Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya;
  • Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang dengan baik;
  • Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun; 
  • Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat; Menghargai adanya perbedaan pendapat;
  • Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana;
  • Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana;
  • Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan pada jenjang selanjutnya;
  • Memiliki jiwa kewirausahaan

E. NILAI-NILAI KARAKTER UNTUK SISWA :
  • Hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa
  1. Religius: Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  • Diri Sendiri
  1. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan;
  2. Bertanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Hidup sehat : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk senantiasa menjaga kesehatan jasmani dan rohani;
  4. Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan;
  5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya;
  6. Percaya Diri : Sikap dan tindakan yang menunjukkan keberanian dan kemampuan untuk melakukan sesuatu tindakan;
  7. Berjiwa Wira usaha : Sikap dan tindakan yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh untuk bekerja dan berpenghasilan;
  8. Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif : Berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru berdasarkan sesuatu yang telah dimiliki.
  9. Mandiri : Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
  10. Rasa Ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
  11. Gemar membaca (cinta ilmu) : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
  • Sesama
  1. Sadar akan hak dan kewajiban diri sendiri : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk melaksanakan tugas dan kewajiban atas hak-hak yang diperolehnya;
  2. Patuh pada aturan-aturan sosial : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk mentaati aturan-aturan yang berlaku di masyarakat;
  3. Menghargai  karya dan prestasi orang lain : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain;
  4. Santun : Sikap dan tindakan yang menunjukkan sikap ramah dan sopan terhadap orang lain;
  5. Demokratis : Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain;
  6. Bersahabat/ komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain;
  7. Cinta damai: Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
  • Lingkungan
  1. Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan;
  2. Peduli lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  • Kebangsaan
  1. Semangat kebangsaan (Cinta tanah air, Nasionalisme) : Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
  2. Menghargai Keberagaman (Toleransi) : Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.## Disarikan dari berbagai sumber

Areefah
Areefah Haurgeulis Updated at:

Mari jadi yang pertama untuk berkomentar di posting ini!

 
back to top