-->
Doa Pagi dan Petang (dibaca 3 kali)
اللهم عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ اللهم عَافِنِيْ فِيْ سِمْعِيْ اللهم عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ لَااِلهَ الِاَّ اَنْتَ
"Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada badanku; Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada pendengaranku; Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada penglihatanku, tiada Ilaah yang layak untuk diibadahi kecuali Engkau".
(Hadits Hasan Riwayat Abu Daud: 4/324 dan Ahmad: 5/42)

Sabtu, Mei 16, 2020

Hadits tentang Kegembiraan Orang yang Berpuasa

...::| Matan Hadits tentang Kegembiraan Orang yang Berpuasa |::...
gembira-berpuasa
[صحيح المسلم, رقم: 1151]

...::| Terjemah Hadits |::...
Ada dua kegembiraan bagi orang yang berpuasa:
a. Kegembiraan ketika berbuka, dan
b. Kegembiraan ketika bertemu dengan Rabb-nya.
[Shohih al-Muslim, No. Hadits 1.151]

...::| Makna & Faidah Hadits |::...

Pertama: Orang yang berpuasa Ramadhan akan bergembira ketika berbuka puasa, baik berbuka puasa setiap maghrib ataupun berbuka pada tanggal 1 Syawwal. Mereka bergembira dengan segala anugerah dari Allah berupa kemampuan melaksanakan ibadah puasa, yang merupakan salah satu ibadah yang paling utama, betapa banyak orang-orang yang diharamkan oleh Allah sehingga tiada kuasa berpuasa Ramadhan. Mereka juga bergembira karena ketika waktu berbuka tiba Allah menghalalkan/membolehkan mereka untuk mengkonsumsi makanan dan minuman dan bahkan halal untuk mempergauli istrinya, di mana hal-hal tersebut diharamkan bagi mereka ketika mereka berpuasa.

Kedua: Orang yang berpuasa Ramadhan akan bergembira ketika bertemu dengan Rabb-nya, karena ketika itu mereka mendapatkan pahala dari ibadah puasanya di sisi Allah, pahala yang lengkap, sempurna, tak kurang sedikitpun. Mereka juga bergembira ketika dipanggil untuk memasuki surga melalui pintu khusus, pintu ar-Rayyan yang tidak akan memasukinya kecuali mereka yang rajin berpuasa Ramadhan setiap tahunnya.



Areefah
Areefah Haurgeulis Updated at:

Mari jadi yang pertama untuk berkomentar di posting ini!

 
back to top