-->
Doa Pagi dan Petang (dibaca 3 kali)
اللهم عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ اللهم عَافِنِيْ فِيْ سِمْعِيْ اللهم عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ لَااِلهَ الِاَّ اَنْتَ
"Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada badanku; Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada pendengaranku; Ya Allah anugerahkanlah kesehatan pada penglihatanku, tiada Ilaah yang layak untuk diibadahi kecuali Engkau".
(Hadits Hasan Riwayat Abu Daud: 4/324 dan Ahmad: 5/42)

Rabu, Mei 23, 2018

BEDAKAH ADAB & AKHLAK

ADAB (ادب) = sikap, perilaku dan pemikiran yang baik lagi mulia yangg terlahir karena proses pelatihan/pendidikan "ADDABA - YU'ADDIBU - TA'DIIBAN" ( ادّب يؤدّب تأديبا ).

Adab yg baik lagi mulia bisa dimiliki oleh siapa saja, tanpa kecuali, dengan dukungan sarana dan prasarana yg memadai, orang kafir dalam hal ini bisa jadi lebih beradab dari orang beriman...karena sarana dan prasarana pendidikan adab dalam lingkungan orang beriman kurang memadai, contohnya oranf-orang jepang yang kafir jauh lebih beradab dari orang beriman kebanyakan di Indonesia.

AKHLAK ( اخلاق) = sikap, perilaku dan pemikiran yang baik lagi mulia yang terlahir dari aktivitas ibadah yang baik dan benar.

Akhlak yang baik lagi mulia tidak akan dimiliki oleh orang-orang yang ibadahnya tidak baik dan tidak benar, orang-orang kafir juga tidak mungkin memiliki akhlak mulia lagi baik.
Allah berfirman:

ان الصلوة تنهى عن الفخشاء والمنكر
Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa melalui shalat seseorang akan terhindar dari pemikiran, sikap dan perilaku yang keji dan mungkar. Ketika seseorang shalatnya baik dan benar, SESUAI DENGAN TUNTUNAN ALLAH DAN RASUL-NYA, maka secara otomatis ia dengan bimbingan Allah akan terhindar dari pemikiran, sikap dan perilaku yang keji dan mungkar, dan ketika kekejian serta kemungkaran keluar dari dalam dirinya, Allah akan memasukan hal-hal yg baik dan mulia dalam dirinya yang tercermin dalam pemikiran, sikap dan perilaku yg baik (akhlak kariemah) dalam kesehariannya.

Rasulullah J bersabda:
Tdk ada balasan yang paling layak untuk HAJI YG MABRUR kecuali surga ....(HR. an-Nasa'i).

Istilah MABRUR "المبرور" asal katanya al-birr "البرّ" artinya kebaikan.

Hadits tersebut dapat difahami bahwa ibadah haji yang akan dibalas surga adalah ibadah haji yang berpengaruh pada lahirnya kebaikan-kebaikan (akhlak kariemah) dari diri pelakunya yang tercermin dalam pemikiran, sikap dan perilakunya dalam keseharian.

Rasulullah J juga bersabda:
Siapa yang  tidak bisa meninggalkan perkataan keji/kotor, dan senantiasa begitu (padahal ia sedang shaum), dan berperilaku seperti orang bodoh, maka Allah tidak akan memperdulikan shaumnya (puasanya, tidak makan dan minum)
(HR. al-Bukhori).

Dalam hadits ini dijelaskan bahwa shaum yang akan diperhatikan (diterima dan diberi pahala) oleh Allah adalah yang berpengaruh baik pada pemikiran, sikap, dan perilaku pelaku puasanya.

Ayat dan hadits tersebut merupakan bukti yang jelas bahwa ibadah yang dilakukan dengan cara yang baik dan benar (sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya) akan melahirkan akhlak kariemah.

oleh karenanya tujuan utama diutusnya Rasulullah J adalah untuk menyempurnakan AKHLAK MULIA melalui ragam ibadah yang disyareatkan untuk umat akhir zaman.

انما بعثت لاتمم مكارم الاخلاق
Sungguh aku hanya diutus utk menyempurnakan Akhlak. (HR. al-Baihaqi).

Kesimpulannya:
1. ADAB BEDA DG AKHLAK
2. BERADAB BELUM TENTU BERAKHLAK
3. BERAKHLAK SUDAH PASTI BERADAB.
4. ADAB ITU DUNIAWI >< AKHLAK ITU DUNIAWI + UKHROWI

==========================
Salah satu Bukti bahwa yang BERADAB BELUM TENTU BERAKHLAK adalah bahwa orang-orang kafir bisa saja lebih beradab dari orang-orang beriman, tapi dibalik keberadabannya ada terselip ragam akhlak tercela....mereka yang jauh beradab dari orang yang beriman ketika menghadapi problematika yang pelik dan mereka merasa tidak berdaya akan dengan mudahnya untuk mengakhiri hidup mereka dengan BUNUH DIRI.

BUDAYA BUNUH DIRI MARAK DI NEGERI-NEGERI YG MAYORITAS BERPENDUDUK KAFIR.
==========================

والله اعلم
@ibn_asnawi.

Areefah
Areefah Haurgeulis Updated at:

Mari jadi yang pertama untuk berkomentar di posting ini!

 
back to top